Objek konsentrasinya adalah sanad dan rawi. Sanad dan rawi sendiri
merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Sanad-sanad hadits pada
setiap tabaqahnya di sebut rawi dan rawi juga dimaksud dengan orang yang
meriwayatkan atau memindahkan hadits. Akan tetapi yang membedakan rawi dan
sanad terletak pada pembukuan atau pentadwinan hadits. Orang yang menerima dan
kemudian menghimpunnya dalam suatu kitab inilah yang disebut perawi, seperti
Imam Bukhari dan Muslim. Ilmu hadits meliputi sanad dan matan. Orang
sanad-sanad juga disebut perawi. Maka merekalah yang menjadi pokok pembicaraan
ilmu Rijal al-hadits.
Ilmu Rijal al-hadits terbagi atas dua ilmu besar:
1.
Ilmu
Tarikh Ruwah (sejarah perawi-perawi hadits)
Membahas perawi-perawi hadits dari segi bagaimana mereka
meriwayatkan hadits, keadaan-keadaan perawi, biografi lengkapnya dan hal lain
tentang diri si perawi.
2.
Ilmu
Jarh wa at-ta’dil (keadilan perawi)
Membahas hal ihwal periwayat hadits dari segi dapat diterima atau
ditolaknya. Ilmu ini lebih menekankan kepada pembahasan kualitas pribadi
periwayat hadits.
Kitab-kitab yang membahas ilmu Rijal al-hadits
Tarikh Ruwah: At-tobaqot al-kubro karangan Muhammad bin Sa’ad
(168-230 H); Tadzkiroh al-Hufadz karangan az-zahabi (W 748 H)
Al-jarh wa at-ta’dil: Ad-Du’afa al-kabir dan Ad-Du’afa al-shogir
karangan Imam Muhammad bin Ismail al-bukhory (194-256 H); Al-Kamil fi ad-du’afa
ar-rijal karangan Abu Ahmad Abdillah bin Adiy al-jurjaniy (W 356 H)
SecarabahasaI’laladalahpenyakityang
berasadari kata ‘alla –ya’illa-I’tallanartinyapenyakit yang
disebabkankarenacacatdandiqiyaskandengan kata ma’alun-mu’allalun.
Sedangkanmenurutistilahadalah
‘ilaladalahsuatusebab yang tidak Nampak atausamar-samarnya yang
dapatmencacatkankeshahihansuatuhadis.
Contohbuku:kitab ‘ilal
AL-hadist,karya imam Ahmad Bin Hanbal
C.
Ilmugharibulhadist
Secarabahasaadalahdari kata gharib(غريب)diambildari
kata غ ر ب yangberartiبعيد عن
وطنه yaknijauhdarirumahatautempattinggal
SecaraistilahmenurutIbnukatsirdalamkitabnyaal-Baits al-Hadist :
Hal-halpenting yang
berkaitandenganpemahaman,ilmudanpengaplikasiansuatuhadist
,bukanmengenaipengenalanstrukturdanhal-hal yang berkaitandengansanad.
Contohbuku:kitab Al-Baits
Al-HadistkaryaibnuKatsir
D. IlmuNasikhwalmansukh
Secara bahasa adalah menghapus,membatalkan,mengganti,mengalihkan,memindah.
SecaraistilahmenurutahlihadistIlmu yang membahastentanghadis-hadist yang
menasakhdandinasakh
Contohbuku:kitab An-nasikhWalMansukh
fi kitabillahAzzaWajallaWkahtilafulUlama’ Fi Dzalikakarya Abu Ja’far,Ahmad Bin
Muhammad Bin Ismail An-Nuhas
Komentar
Posting Komentar